Rasanya Bekerja di Ruangguru Sebagai Animator

sumber: dailysocial

    Halo perkenalkan saya Agil asal Jakarta, pada artikel kali ini saya ingin membagikan sedikit cerita saya selama saya tepat 2 tahun bekerja di perusahaan Ruangguru sebagai seorang Animator Motion Graphics.

    Pertama kali saya masuk di Ruangguru itu di bulan April pada tahun 2020 yang dimana waktu itu gelombang virus corona-19 sedang naik-naik nya dan banyak perusahaan yang menerapkan bekerja dari rumah atau biasa kita sebut WFH (Work From Home), jujur saya merasa beruntung sekali bisa bekerja di perusahaan ini karena pada waktu itu saya sudah putus asa mencari pekerjaan sana sini untuk meringankan ekonomi keluarga saya yang turun karena adanya virus corona yang menyebabkan ayah saya tidak ada panggilan untuk bekerja.

    Sebenarnya saya mau cerita panjang dari sebelum saya masuk Ruangguru namun saya pikir itu akan keluar dari topik pembahasan jadi saya urungkan niat itu dan mungkin akan saya buat di artikel selanjutnya.. Oke langsung saya mulai cerita bagaimana rasanya bekerja di Ruangguru.

    Pada awal masuk atau istilahnya Onboarding (jujur pas tahap ini saya ga tau apa itu onboarding karena masih minim pengalaman bekerja) saya diberikan pekerjaan yang ringan-ringan namun bagi saya yang waktu itu pekerjaan ini sungguh berat karena selain saya minim pengalaman saya juga masih sedikit ilmunya hahaha yang saya tau hanya gerakan rotasi dan position saja. Namun ternyata sudah dibuatkan video tutorial untuk bagaimana rigging character yang baik di Ruangguru, dengan penjelasan yang sangat baik saya cepat paham dengan apa yang dijelaskan namun bukan berarti gerakan character yang saya gerakan langsung enak dipandang kawan-kawan, saya membutuhkan waktu untuk bisa menghasilkan video yang enak dilihat mungkin sekitar 3 bulan pada saat itu.

    6 Bulan berikutnya saya sudah bisa mengetahui workflow dengan baik walaupun suka terkendala dengan render video yang berat sehingga harus menyediakan waktu yang tidak sedikit kadang bisa render 1 video 3-4 jam, tapi tentu saja tidak semua video dirender selalu berat karena terkadang juga ada yang ringan untuk dirender.

    Bulan ke 7-12 saya lalui dengan sangat cepat namun sangat banyak hal yang terjadi, seperti dikejar deadline yang ketat serta acara fun ruangguru yang sangat menyenangkan karena ada banyak doorprize yang diberikan (walaupun saya tidak hoki karena belum dapat hadiah yang menarik wkwk).

    Bulan ke 12 - sampai sekarang ini saya sudah banyak ilmu baru yang sudah saya cerna, seperti penerapan 12 prinsip animasi, gerakan yang lebih smooth, sudah bisa sedikit gerakan ekstrim, gerakan kamera lebih baik, pergantian asset lebih smooth dan masih ada banyak lainnya.

    Sejauh ini saya suka bekerja diRuangguru walaupun bekerja melalui WFH saya rasa lingkungannya tidaklah toxic dari pada pekerjaan saya sebelumnya sebagai pekerja lepas pemasangan modem&antena mesin ATM. Mungkin artikel kali ini masih terlalu singkat tetapi akan saya update terus ketika saya mengingat apa saja yang saya lalui 2 tahun bersama Ruangguru, terima kasih sudah membaca. -Agil

Posting Komentar untuk "Rasanya Bekerja di Ruangguru Sebagai Animator"